|
Ujian Nasional
|
Tahun 2007
|
BAHASA INDONESIA
|
Teks berikut untuk soal nomor 1 dan 2.
|
UN-SMK-07-03
|
Bacalah teks berikut dengan saksama!
|
Hal yang digambarkan dalam diagram tersebut adalah
|
Perilaku sehat merupakan pilar yang paling
|
...
|
utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata
|
A. Sumber dan
jumlah sampah di kota Mataram pada
|
sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seperti
|
tahun 2003.
|
seseorang dengan perilaku sehat, tentu akan menjaga
|
B. Sampah pasar
menduduki persentase terendah di
|
lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu, dengan
|
kota Mataram tahun 2003.
|
perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas
|
C. Sampah umum
paling sedikit persentasenya di kota
|
pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara
|
Mataram pada tahun 2003.
|
kesehatannya.
|
D. Sumber
sampah tertinggi d i kota Mataram pada
|
tahun 2003 adalah saluran.
|
UN-SMK-07-01
|
E. Sampah umum
peringkat ketujuh di kota Mataram
|
Ide pokok paragraf tersebut adalah...
|
pada tahun 2003.
|
A. memanfaatkan
fasilitas kesehatan yang ada
|
B. menjaga
lingkungannya agar tetap sehat
|
UN-SMK-07-04
|
C. perilaku
sehat akan berpengaruh pada pilar-pilar
|
Pernyataan yang sesuai dengan isi diagram-tersebut
|
lainnya
|
adalah ...
|
D. berperilaku
sehat akan menjaga kebersihan
|
A. Sampah
pemukiman volumenya terbanyak kedua
|
E. perilaku
sehat merupakan pilar utama
|
dibandingkan sampah lainnya.
|
B. Sampah umum
volumenya lebih banyak
|
UN-SMK-07-02
|
dibandingkan sampah komersial.
|
Kalimat pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf
|
C. Sampah
lain-lain volumenya lebih banyak
|
tersebut adalah...
|
dibandingkan jumlah sampah pasar.
|
A. Mengapa
perilaku sehat merupakan pilar paling
|
D. Sampah pasar
volumenya lebih besar dibandingkan
|
utama?
|
jumlah sam pah komersial.
|
B. Bagaimana
cara menjaga agar lingkungan tetap
|
E. Sampah pasar
volumenya lebih banyak
|
sehat?
|
dibandingkan sampah pemukiman.
|
C. Apakah
fungsi pelayanan kesehatan terhadap
|
masyarakat?
|
Teks berikut untuk nomor 5 dan 6.
|
D. Mengapa
masyarakat harus memelihara kesehatan
|
Bacalah teks berikut dengan saksama!
|
lingkungan?
|
Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda
|
E. Kapan
pemerintah harus memberi pelayanan
|
Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai
|
kesehatan?
|
39,5 milyar rupiah dan menelan korban 10 orang
|
meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta
|
Diagram berikut untuk soal nomor 3 dan 4
|
!
|
menyurati redaksi sebuah surat kabar. Surat tersebut
|
Cermati diagram dengan saksama!
|
berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta.
|
Menurutnya, Jakarta ternyata tidak seperti k ota
|
Metropolitan yang selama ini terlihat megah dalam
|
sinetron.
|
Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir yang
|
melanda Jakarta kiriman dari Bogor, orang Bogor
|
membantahnya. Mereka menyatakan bahwa yang
|
membuat kerusakan adalah orang Jakarta sendiri
|
dengan menggusur petani dan membuat vila dan hotel
|
di Puncak.
|
UN-SMK-07-05
|
UN-SMK-07-09
|
Masalah yang diungkapkan dalam tajuk rencana
|
Cerma tilah paragraf berikut dengan saksama!
|
tersebut adalah ...
|
(1) Baik secara kelompok atau organisasi maupun
|
A. Banjir
meianda Jakarta sehingga menimbulkan
|
individual, masyarakat secara spontan mengumpulkan
|
banyak kerugian.
|
bantuan untuk meringankan beban saudara-saudara kita
|
B. Jakarta
selama ini terlihat megah dalam sinetron.
|
yang kena musibah. (2) Hal itu terlihat sejak tsunami
di
|
C. Banjir yang
melanda Jakarta adalah kiriman dari
|
Aceh dan serangkaian bencana alam lainnya di
|
Bogor.
|
Indonesia. (3) Bahkan membantu korban banjir lumpur
|
D. Masyarakat
Jakartalah yang membuat kerusakan.
|
panas Lapindo Brantas di Porong-Sidoarjo, Jawa
|
E. Orang
Jakarta menggusur petani membuat vila dan
|
Timur. (4) Walaupun banjir lumpur itu akibat ulah
|
hotel di Puncak.
|
manusia, tetap mengundang rasa kemanusiaan. (5)
|
Kepedulian masyarakat secara spontan itu merupakan
|
UN-SMK-07-06
|
perwujudan rasa simpati dan empati terhadap
|
Opini pada tajuk rencana tersebut terdapat pada
kalimat
|
sesamanya.
|
...
|
Kalimat simpulan pada paragraf tersebut terdapat pada
|
A. Sepuluh
orang meninggal dalam banjir tersebut.
|
nomor ...
|
B. Seorang
penduduk luar Jakarta menyurati redaksi
|
A. (1)
|
sebuah surat kabar.
|
B. (2)
|
C. Orang
Jakarta mengatakan bahwa banjir kali ini
|
C. (3)
|
merupakan kiriman dari Bogor.
|
D. (4)
|
D. Kerugian
mencapai 39,5 milyar dan sepuluh orang
|
E. (5)
|
meninggal.
|
E. Beberapa
waktu yang lalu banjir besar melanda
|
UN-SMK-07-10
|
Jakarta.
|
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
|
Musim kompetisi 2006/2007 belum juga berakhir,
|
Teks untuk nomor 7 dan 8.
|
tetapi Inter Milan sudah mendapatkan pemain baru.
|
Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!
|
Adalah Ederson Honorato yang berhasil didatangkan
|
Hadirin yang saya hormati!
|
juara Liga Italia musim lalu itu. Sebelumnya,
|
Assalamualaikum Wr.Wb.
|
penyerang asal Brasil itu memperkuat Nice. Ederson
|
Salam sejahtera untuk kita semua.
|
yang berusia 21 tahun itu bergabung dengan Nice dua
|
musim lalu. Saat itu, Inter Milan seb enarnya sudah
|
Puji dan syukur k ita panjatkan ke h adirat Tuhan
|
berniat membawanya ke Stadion San Siro, namun Nice
|
Yang Maha kuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita
|
lebih menjadi pilihan Ederson.
|
dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka
|
Kalimat utama paragraf tersebut adalah ...
|
memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-73. Ikrar dari
|
A. Musim
kompetisi 2006/2007 belum juga berakhir,
|
berbagai perkumpulan pemuda pada tanggal 28
|
tetapi Inter Milan sudah mendapatkan pemain
|
Oktober 1978 yaitu bertanah air satu, tanah air
|
baru.
|
Indonesia, berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan
|
B. Ederson
Honorato sebelumnya memperkuat Nice,
|
menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.
|
berhasil didatangkan juara Liga lalu.
|
Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai
|
C. Ederson Honorato yang berusia 21 tahun itu
|
makna Sumpah Pemuda.
|
berg abung d engan Nice dua musim lalu.
|
D. Inter Milan
sebenarnya sudah berniat
|
UN-SMK-07-07
|
membawanya ke Stadion San Siro namun Nice
|
Topik pidato tersebut adalah ...
|
lebih menjadi pilihan Ederson.
|
A. peringatan
Sumpah Pemuda
|
E. Inter Milan
sebenarnya sudah berniat merekrut
|
B. mengenang
ikrar para pemuda tahun yang lalu
|
Ederson
Honorato, tetapi baru tahun ini tercapai.
|
C. merenungkan
ikrar Sumpah Pemuda
|
D. pernyataan
ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928
|
Teks berikut untuk soal nomor 11 sampai dengan 13.
|
E. bertanah air
satu, berbangsa satu, dan berbahasa
|
Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
|
satu
|
Tatkala aku masuk sekolah Mulo, demikian fasih
|
lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang
|
UN-SMK-07-08
|
hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat
|
Kalimat ajakan dalam teks pidato tersebut adalah ...
|
aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah
|
A. Ajakan
memanjatkan doa ke hadirat Tuhan Yang
|
lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda,
|
Maha kuasa.
|
sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh
|
B. Peristiwa
pernyataan ikrar dari berbagai
|
tingkah laku orang tuaku yang berupaya sepenuh daya
|
perkumpulan pemuda.
|
menyesuaikan diri dengan langgam lenggok orang
|
C. Mari kita
berkumpul di tempat ini dalam
|
Belanda.
|
memperingati Sumpah Pemuda.
|
"Kenang-kenangan"
|
oleh Abdul Gani A.K.
|
D. Mari kita
ikrarkan Sumpah Pemuda.
|
E. Mari kita
renungkan kembali makna Sumpah
|
Pemuda.
|
UN-SMK-07-11
|
UN-SMK-07-15
|
Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam
|
Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan tersebut
|
penggalan tersebut adalah ...
|
adalah ...
|
A. orang
pertama pelaku utama
|
A. Karena
suaminya mantri kesehatan.
|
B. orang ketiga
pelaku sampingan
|
B. Karena
suaminya diminta pertolongan.
|
C. orang ketiga
pelaku utama
|
C. Karena
cemburu terhadap Murni.
|
D. orang
pertama dan ketiga
|
D. Karena suami
Soleha pernah mencintai Murni.
|
E. orang ketiga
serbatahu
|
E. Karena
suaminya mengobati Pak Murad ayah
|
Murni.
|
UN-SMK-07-12
|
Watak tokoh "aku" dalam penggalan cerita
tersebut
|
UN-SMK-07-16
|
adalah ...
|
Peristiwa yang terjadi akibat konflik dalam kutipan
|
A. percaya diri
|
cerpen tersebut adalah ...
|
B. mudah
menyesuaikan diri
|
A. Suaminya
mengobati Pak Murad yang sakit.
|
C. sombong
|
B. Suaminya
sering diminta pertolongan karena tidak
|
D. rajin
berusaha
|
ada dokter.
|
E. mudah
dipengaruhi
|
C. Soleha tidak
dapat menentukan tempat penguburan
|
anaknya.
|
UN-SMK-07-13
|
D. Suaminya
akan bertemu dengan Murni anak Pak
|
Amanat dalam penggalan cerpen tersebut adalah ...
|
Murad.
|
A. Jangan cepat
menyerah pada keadaan bagaimana-
|
E. Murni yang
pernah dicintai suaminya sudah
|
pun juga.
|
menjanda.
|
B. Jangan
membuang waktu selagi masih ada waktu.
|
C. Sebaiknya
kita menyesuaikan diri dengan keadaan.
|
Teks berikut untuk soal nomor 17 dan 18.
|
D. Jangan lupa
diri bila menguasai bahasa orang.
|
Bacalah kutipan cerita berikut dengan saksama!
|
E. Jangan mudah
dipengaruhi oleh orang lain.
|
Sebermula maka Sri Rama dan Laksamana pun
|
pergilah mencari Sita Dewi. Maka ia pun berjalanlah di
|
Teks berikut untuk soal nomor 14
|
s
|
ampai dengan 16.
|
dalam hutan rimba belantara. Beberapa lamanya
|
Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama!
|
berjalan, mereka itu tiada bertemu tempat menanyakan
|
"Jadi, kita akan kuburkan dia di Sirnagara?"
|
waktu Sita Dewi. Maka dilihatnya ada seekor burung
|
katanya pelan-pelan, setengah ditujukan kepada dirinya
|
jantan. Maka Sri Rama pun bertanya, "Hai burung,
|
sendiri. Soleha tidak bisa menjawab. Ia mau berpikir
|
adakah engkau melihat istriku dilarikan orang?"
|
panjang. Ia mau mengatakannya, tapi ia segera ingat
|
Sahut burung jantan itu, "Engkau yang bernama
|
pada yang lain." Tapi, kita sudah kawinkan dia.
Dan
|
Sri Rama? Aku dengar masyhur namamu laki-laki dan
|
sekarang dia sudah jadi istri Sumarto. Apa yang akan
|
gagah berani tiada terlawan di tengah medan
|
dikatakan oleh Sumarto?" Pikirannya makin tidak
enak
|
peperangan. Akan binimu tiadalah terpelihara,
|
kalau mengingat soal itu. Ia memang sudah keberatan
|
perempuan seorang. Lihatlah olehmu aku ini, empat
|
ketika suami Soleha dipanggil orang dari kampung
|
ekor biniku lagi dapat aku peliharakan, konon engkau
|
sawah untuk mengobati Pak Murad. Sebagai mantri
|
manusia dua orang pula saudaramu tiadakah dapat
|
kesehatan di sekitar itu memang tak ada dokter. Suami
|
memeliharakan binimu itu."
|
Soleha sering diminta pertolongan. Namun, ia tahu
|
betul Pak Murad ayah Murni. Murni sekarang
|
UN-SMK-07-17
|
menjanda karena suaminya meninggal dunia. Suami
|
Isi kutipan cerita tersebut mengungkapkan ...
|
Soleh a saling mencintai dengan Murni ketika masih
|
A. Sri Rama
mencari istrinya, Sita Dewi.
|
bujang dan gadis. Mereka tak dapat melaksanakan niat
|
B. Laksamana
sedang mencari istrinya.
|
hatinya sebab Murni dipaksa kawin.
|
C. Ejekan burung
jantan kepada Sri Rama yang tidak
|
bisa menjaga istrinya
|
UN-SMK-07-14
|
D. Kehidupan
burung jantan yang berbahagia dengan
|
Konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah
...
|
keempat betinanya
|
A. Soleha
perang batin sewaktu rnau bicara dengan
|
E. Sri Rama
raja yang termasyhur dan gagah berani.
|
Sumarto.
|
B. Pak Sumarto
kebingungan sewaktu mau bicara
|
UN-SMK-07-18
|
dengan Soleha.
|
Nilai moral yang tersirat dalam kutip an cerita
tersebut
|
C. Soleha tidak
rela menguburkan jenazah anaknya di
|
adalah ...
|
Sirnagara.
|
A. Kasih sayang
seorang suami terhadap istrinya.
|
D. Pak Sumarto
perang batin sewaktu akan
|
B. Keberanian
seorang suami dalam membela
|
menguburkan jenazah istrinya.
|
istrinya.
|
E. Suami Soleha
dan Soleha perang mulut mengenai
|
C. Tabah
menerima ejekan orang.
|
penguburan jenazah anaknya.
|
D. Tabah dalam
menerima segala penderitaan.
|
E. Keadilan
yang diberikan oleh suami kepada
|
istrinya.
|
UN-SMK-07-19
|
UN-SMK-07-23
|
Bacalah penggalan cerita berikut dengan saksama!
|
Bacalah iklan berikut dengan saksama!
|
Aku pikir aku telah tertidur beberapa jam karena
|
Perusahaan Farmasi Nasional yang sedang berkembang
|
pengaruh
|
sampanye
|
dan letusan-letusan bisu dalam
|
pesat membuka peluang karier bagi Sdr./Sdri, yang
|
film itu. Lalu ketika aku terbangun, kepalaku merasa
|
berdedikasi tinggi, berpenampilan menarik, mau
|
terguncang-guncang. Aku pergi ke kamar mandi. Dua
|
bekcrja keras. Dengan persyaratan sebagai berikut.
|
dari tempat duduk di belakangku diduduki wanita tua
|
1. Pendidikan
SI, D3, SMF, SMA IPA dengan nilai
|
dengan sebelas kopor berbaring dengan posisi yang
|
Matematika minimal 6.
|
tidak sangat karuan. Seperti mayat yang terlupakan di
|
2. Usia
maksimal 27 tahun.
|
medan perang. Kaca mata bacanya dengan rantai
|
3. Memiliki
sepeda motor, SIM C.
|
manik-manik beradu di atas lantai dan sesaat aku
|
4. Bersedia
ditempatkan di seluruh Indonesia.
|
menikmati kedengkianku untuk tidak mengambilnya.
|
Segera kirimkan surat lamaran lengkap (CV, pasfoto
|
Nilai budaya yang ada dalam penggalan cerpen
|
berwarna terbaru ukuran 3 × 4 (2 Ibr), fotokopi STNK,
|
tersebut adalah ...
|
Sim C, KTP, dan Ijazah) ke
|
PO BOX 4080 /JKT
|
A.
mabuk-mabukkan
|
10040.
|
B. menonton
film
|
Ko mpas,
|
20 Mei 2006
|
C. minum
sampanye
|
D. dengki
terhadap orang lain
|
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat
|
E. tidak peduli
terhadap orang lain
|
berdasarkan iklan tersebut adalah ...
|
A. Sehubungan
dengan iklan yang dimuat pada harian
|
Puisi berikut untuk soal nomor 20 sampai dengan 22.
|
Kompas,
|
maka saya mengajukan lamaran
|
Bacalah is ipuisi berikut dengan saksama!
|
pekerjaan sebagai ...
|
B. Sesuai
dengan pendidikan dan kualifikasi saya,
|
Karangan Bunga
|
maka dengan ini saya bermaksud mengisi
|
Tiga anak kecil
|
lowongan di harian
|
Kompas.
|
Dalam langkah malu-malu
|
C. Sehubungan
dengan iklan yang dimuat di harian
|
Datang ke Salemba
|
Kompas,
|
20 Mei 2006, saya mengajukan lamaran
|
Sore itu
|
pekerjaan sebagai ...
|
"Ini dari kami bertiga
|
D. Melalui
surat ini, saya mengajukan lamaran
|
Pita hitam dalam karangan bunga
|
pekerjaan sesuai iklan di harian
|
Kompas
|
sebagai ...
|
Sebab kami ikut berduka
|
E. Memenuhi
iklan di harian
|
Kompas,
|
20 Mei 2006,
|
Bagi kakak yang ditembak mati siang tadi."
|
saya melamar sesuai dengan persyaratan yang
|
ditentukan.
|
UN-SMK-07-20
|
Maksud puisi tersebut adalah ...
|
UN-SMK-07-24
|
A. menceritakan
tiga anak kecil datang
|
Cermati kutipan surat lamaran berikut!
|
B.
menggambarkan anak kecil yang malu-malu
|
... dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan
|
C. menceritakan
peristiwa sore itu
|
untuk mengisi lowongan tersebut. Adapun iden titas
diri
|
D. menunjukkan
pita hitam dalam karangan bunga
|
saya ...
|
E.
menggambarkan peristiwa kedukaan
|
Pemerian identitas yang tepat untuk melengkapi surat
|
lamaran tersebut adalah ...
|
UN-SMK-07-21
|
A. Nama : Riana
|
Makna lambang kata "pita hitam" dalam puisi
tersebut
|
Tempat, tanggal lahir
: Bengku lu, 5 April 1986
|
adalah tanda …
|
Alamat : jalan
Bhakti Husada 10,
|
A. bersedih
|
Bengkulu
|
B. berduka
|
B. Nama : Riana
|
C. berdoa
|
Tempat, tanggal lahir
: Bengkulu, 5-4-1986
|
D. bermohon
|
Alamat : Jalan
Bhakti Husada 10
|
E. berharap
|
Bengkulu
|
C. nama : Riana
|
UN-SMK-07-22
|
tempat, tanggal lahir
: Ben gku lu/5 April 1986
|
Amanat puisi tersebut adalah ...
|
alamat : Jalan
Bhakti Husada
|
A. Perjuangan
sekelompok anak kecil yang turut
|
Nomor 10, Bengkulu
|
berduka.
|
D. nama : RIANA
|
B. Segeralah ke
Salemba untuk menuntut keadilan.
|
tempat, tanggal lahir
: Ben gku lu, 5 April 1986
|
C. Berjuanglah
untuk mempertahankan golongan
|
alamat : Jalan
Bhakti Husada 10
|
tertentu.
|
Bengkulu
|
D. Hendaklah
kita menghargai pengorbanan yang
|
E. nama : Riana
|
membela kebenaran.
|
tempat, tanggal lahir
: Ben gku lu, 5 April 1986
|
E. Segala
perjuangan bila tidak dilandasi dengan
|
alamat : Jalan
Bhakti Husada 10,
|
keimanan akan terkalahkan.
|
Bengkulu
|
UN-SMK-07-25
|
UN-SMK-07-27
|
Cermatilah penutup
surat lamaran pekerjaan
|
Cermati ilustrasi berikut!
|
berikut!
|
Judul novel :
Lelaki Tua dan Laut/The
|
Besar harapan saya dapat diterima diperusahaan
|
Old Man and The Sea
|
yang Bapak pimpin. Atas kebaikannya, dihaturkan
|
Pengarang/Penerjemah
: Ernest Hemingway/
|
terima kasih.
|
Sapardi Djoko Damono
|
Penerbit : PT
Dunia Pustaka
|
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat
|
Di sisi lain, untaian kata-kata Hemingway mengalir,
|
penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ...
|
mengayun membuai, menghempas membuat
|
A. Besar
harapan saya, Bapak mempertimbangkan
|
pengalaman tersendiri pada pembaca persis seperti
|
lamaran saya. Atas kebijaksanaannya, diucapkan
|
gerakan ombak laut. Dengan kemampuannya, pembaca
|
terima kasih.
|
tanpa dipaksa seolah-olah sedang berhadapan dengan
|
B. Besar
harapan saya. Bapak dapat menerima saya.
|
teror hiu yang ingin menguasai tangkapan ikan.
|
Atas kebijaksanaan Bapak, saya mengucapkan
|
terima kasih.
|
Kalimat resensi yang tepat untuk menyatakan
|
C. Mohon Bapak
dapat menerima saya. Atas
|
keunggulan novel tersebut adalah ...
|
kebijaksanaannya kepada saya, saya ucapkan
|
A. Sedikit
sekali penulis yang berani mengangkat ide
|
terima kasih.
|
cerita dari kaum pinggiran seperti nelayan. Namun,
|
D. Sudilah kiranya
Bapak menerima saya. Atas
|
Hemingway berani mengangkatnya menjadi
|
kebijaksanaan Bapak, dihaturkan terima kasih.
|
sebuah cerita
yang penuh ketegangan ditinjau dari
|
E. Atas
kebijaksanaan menerima saya di perusahaan
|
kekuatan bahasanya.
|
Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
|
B. Penulis agak
lambat mencip takan ketegangan-
|
ketegangan dalam cerita. Pembaca menjadi kurang
|
UN-SMK-07-26
|
bergairah karena setting yang disuguhkan terlalu
|
Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama!
|
monoton, yaitu laut dan laut.
|
Ketua OSIS SMA Harapan Jaya memerintahkan
|
C. Hemingway
dan ketangkasannya berbahasa tak
|
kepada sekretaris OS1S untuk membuat proposal
|
perlu diragukan lagi. Hanya saja, khusus pada
|
kcgiatan menyongsong hari Sumpah Pemuda. Proposal
|
novel ini tema yang diambil kurang menarik.
|
itu akan dijadikan bahan rapat pengurus OSIS dua
|
D. Bahasa dan
cara penuturan Hemingway pada novel
|
minggu yang akan datang.
|
ini sangat melompat-lompat persis alunan ombak
|
laut yang mengguncang-guncang perahu.
|
Kalimat memo yang tepat sesuai ilustrasi tersebut
|
E. Meskipun
buku ini banyak dibaca orang, terlihat
|
adalah ...
|
banyak kekurangan tentang kebiasaan di laut yang
|
A. Buatlah
proposal dengan segera untuk
|
mungkin Hemingway sendiri dapat merasakannya.
|
menyongsong hari Sumpah Pemuda yang akan
|
datang.
|
UN-SMK-07-28
|
B. Rapat
pengurus OSIS dua minggu yang akan
|
Cerma tilah kalimat-kalimat berikut!
|
datang, buatlah segera proposal untuk kegiatan
|
(1) Pengairan
selanjutnya dikurangi, terutama pada
|
tersebut.
|
fase penuaan rimpang, karena tanah yang terluka
|
C. Buatlah
undangan rapat pengurus OSIS secepatnya
|
basah (menggenang) dapat menyebabkan buruknya
|
untuk membahas proposal kegiatan Sumpah
|
rimpang jahe.
|
Pemuda.
|
(2) Mula-mula
air disalurkan melalui saluran
|
D. Buat
proposal kegiatan hari Sumpah Pemuda
|
pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi
|
sebagai bahan rapat dua minggu yang akan datang.
|
petakan atau bedengan hingga tanah cukup basah.
|
E. Harap
dibuatkan proposal kegiatan hari Sumpah
|
(3)
Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran
|
Pemuda untuk dirapatkan minggu yang akan
|
pembuangan.
|
datang.
|
(4) Pengairan
harus dilakukan secara kontinu 3-5 hari
|
sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan
|
kelembaban tanah.
|
(5) Pengairan
dilakukan dengan cara digenangi 15
|
menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
|
Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang
|
padu dengan urutan
|
A. (1), (3),
(2), (5), dan (4)
|
B. (2), (1),
(5), (4), dan (3)
|
C. (3), (1),
(5), (2), dan (4)
|
D. (4), (5),
(1), (2), dan (3)
|
E. (4), (1),
(5), (2), dan (3)
|
UN-SMK-07-29
|
UN-SMK-07-32
|
Cerma tilah paragraf b erikut!
|
Bacalah paragraf generalisasi berikut dengan
|
Kami meninggalkan kompleks candi pukul 12.00,
|
saksama!
|
selanjutnya menuju museum kereta api. Siang itu udara
|
Ular, biawak, cecak, dan sebagainya tennasuk
|
terasa panas sehingga badan kami cepat merasa lelah,
|
jenis binatang melata. Seperti jenis binatang lainnya,
|
karena, ...
|
binatang-binatang tersebut memerlukan air. Begitu
|
juga tumbuh-tumbuhan misalnya mawar, kelapa, sawo.
|
Untuk melengkapi paragraf tersebut, pernyataan yang
|
Manusia juga memerlukan air. Manusia, tumbuh-
|
tepat adalah ...
|
tumbuhan, dan binatang sangat memerlukan air.
|
A. sebelumnya
kami beristirahat di tepi jalan
|
B. perjalanan
kami memang cukup jauh
|
Simpulan paragraf tersebut adalah...
|
C. rekreasi
kami cukup menyenangkan
|
A. Semua
manusia memerlukan air.
|
D. setiap tahun
kami melaksanakan karya wisata
|
B. Tumbuhan
memerlukan air untuk hidup.
|
E. karya wisata
selalu diprogramkan di sekolah kami
|
C. Semua
makhluk hidup sangat memerlukan air.
|
D. Setiap orang
memerlukan air untuk hidup.
|
UN-SMK-07-3
|
E. Semua
binatang memerlukan air untuk hidup.
|
Cermati topik dan penggunaan kalimat dalam
|
paragraf berikut!
|
UN-SMK-07-33
|
Kalimat penjelas
|
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
|
Topik : Pantai Natsepa
|
Alam semesta berjalan dengan teratur seperti
|
(1) Pantai
Natsepa terletak kurang lebih sepuluh
|
jalannya sebuah mesin. Matahari, bumi, bulan, dan
|
kilometer dari pusat kota.
|
bintang yang jumlahnya berjuta-juta berjalan seperti
|
(2) Pantai ini
terlihat jelas karena letaknya hanya
|
teraturnya putaran roda mesin yang rumit. Semua
|
seratus meter dari jalan utama.
|
bergerak menurut irama tertentu. Mesin rumit itu ada
|
(3) Di Pantai
Natsepa ini, terdapat dua tempat yang
|
penciptanya, yaitu manusia yang pandai, teliti, dan
|
telah dilengkapi fasilitas penginapan.
|
senang memecahkan masalah ...
|
(4) Di beberapa
tempat yang agak condong ke laut
|
mengalami kerusakan.
|
Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf
|
(5) Pantai ini
sering dikunjungi wisatawan asing.
|
tersebut adalah ...
|
(6) Bahkan
biasanya pengunjung sampai ke Pantai
|
A. Semuanya
adalah usaha manusia dengan segala
|
Liang.
|
teknologi canggih yang tidak dapat menyaingi
|
Kalimat deskripsi yang sesuai dengan topik tersebut
|
penciptanya.
|
adalah ...
|
B. Alam yang
luas dan beredar dengan rapi sepanjang
|
A. (1), (2),
(3), dan (5)
|
masa itu ada pula yang menciptakannya, yaitu
|
B. (1), (2),
(3), dan (4)
|
Yang Maha pandai dan Maha teliti.
|
C. (1), (3),
(5), dan (6)
|
C. Semua yang
terjadi di bumi ini adalah ciptaan
|
D. (2), (3),
(5), dan (6)
|
Tuhan dan jangan dirusak oleh manusia.
|
E. (3), (4),
(5), dan (6)
|
D. Manusia
dapat membuat apa saja untuk
|
kepentingannya, tetapi tidak melebihi Tuhan
|
UN-SMK-07-31
|
sebagai penciptanya.
|
Bacalah paragraf persuasi dengan saksama!
|
E. Tuhan
menciptakan semuanya dan manusia
|
Pasien yang berobat dan dirawat inap di Rumah
|
menjaganya. Oleh sebab itu, lestarikanlah alam ini.
|
Sakit Dharma Yadnya Denpasar tidak dilayani dengan
|
ramah, dokter yang seharusnya rutin memeriksa
|
UN-SMK-07-34
|
kondisi pasien sering tidak tepat waktu. Para perawat
|
Ceratati silogisme berikut dengan saksama!
|
yang merawat pasien tidak b erwajah ramah. Fasilitas
|
PU : Semua
pejabat negara harus jujur dan hidup
|
dan peralatan yang dimiliki tidak lengkap sehingga
|
sederhana.
|
banyak pasien yang berpindah ke rumah sakit lain. ...
|
PK : Mogundha
pejabat negara.
|
S : …
|
Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi paragraf
|
Simpulan yang tepat untuk melengkapi silogisme
|
tersebut adalah ...
|
tersebut adalah...
|
A. Pasien yang
akan masuk ke Rumah Sakit Dharma
|
A. Mogundha
pejabat negara yang jujur dan
|
Yadnya hendaknya berpikir dulu.
|
sederhana.
|
B. Rumah Sakit
Dharma Yadnya harus segera
|
B. Mogundha
harus jujur dan hidup sederhana.
|
menambah fasilitas dan peralatan medis.
|
C. Mogundha
harus jujur dan sederhana karena
|
C. Para dokter
dan suster di Rumah Sakit Dharma
|
seorang pejabat negara.
|
Yadnya perlu segera diganti.
|
D. Mogundha
seharusnya jujur dan sederhana.
|
D. Tambahkan
fasilitas dan tingkatkan pelayanan di
|
E. Sebagai
Menteri Mogundha selayaknya jujur dan
|
Rumah Sakit Dharma Yadnya.
|
sederhana.
|
E. Turunkan
biaya perawatan agar pasien tidak
|
pindah ke rumah sakit lain.
|
UN-SMK-07-35
|
UN-SMK-07-38
|
Cerntatilah kalimat berikut!
|
Bacalah dialog berikut dengan saksama!
|
Setiap
|
atlit profesionil,
|
pada saat bertanding pasti
|
Rudi :
"Tugas kita sebagai pelajar, ya, belajar dan
|
menggunakan
|
metoda
|
bermain secara
|
konsekwen,
|
belajar."
|
berb eda dengan yang
|
amteran .
|
Irma :
"Itu benar! Tapi untuk mencapai kemajuan di
|
Perbaikan kata bercetak miring dalam kalimat tersebut
|
bidang IPTEK dan ek onomi sekarang ini
|
yang tepat adalah ...
|
susah, kalau hanya dengan belajar saja."
|
A. atlet,
propesional, methoda, konsekuwen, amatiran
|
Rudi :
"Lain apalagi yang harus kita perbuat?"
|
B. atlet,
profesionil, metode, konsekuen, amatiran
|
Irma :
"Ya, aku sendiri tidak tahu!
Masalahnya kita
|
C. atlet,
profesional, metode, konsekuen, amatiran
|
belum mampu keluar dari lingkaran
|
D. atlit,
profesi, methodik, konsekwen, amatir
|
kemiskinan."
|
E. atlit,
profesional, metodologi, konsekwen, amatir
|
Rudi :
"Ia ya! Bagai membandarkan air k e gunung.
|
Untuk mencapai kemajuan seperti di beberapa
|
UN-SMK-07-36
|
negara tetangga."
|
Kita tidak
|
...
|
beratnya sanksi bag ipelanggar ... lalu
|
Dedi :
"Malah mungkin ... bagi kita saat ini."
|
lintas karena hal itu ... bu kan merupakan sumber
|
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi dialog
|
masalah.
|
tersebut adalah ...
|
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang
|
A. bagai
bergantung di akar lapuk
|
tersebut adalah ...
|
B. seperti
mentimun dengan durian
|
A.
dipersoalkan, pengaturan, pembenarannya
|
C. bagai air di
daun talas
|
B. mempersoal,
pengaturan, kebenarannya
|
D. bagai bumi
dengan langit
|
C. mempersoali,
peraturan, dibenarkannya
|
E. bagai
menegakkan benang basah
|
D.
mempersoalkan, peraturan, sebenarnya
|
E.
dipersoalkan, peraturan, sebenar-benarnya
|
UN-SMK-07-39
|
Bacalah teks berikut dengan saksama!
|
UN-SMK-07-37
|
Kata-kata si pegawai itu memberondong cepat
|
Bacalah teks berikut dengan saksama!
|
bagai peluru yang mendesing memerahkan daun
|
"Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih
|
teling a laki-laki kurus itu. Biji mata laki-laki itu
|
baik." Begitulah mereka dapat menunjukkan rasa
|
melotot berputar-putar cepat seolah-olah ...
|
dengki dengan emosi yang terkendali, kesabaran yang
|
menyejukkan, dan menenteramkan. Maka tatkala
|
Majas yang tepat melengkapi teks tersebut adalah ...
|
menerima kata-kata kotor, ... bahkan memandang kata-
|
A. hendak
menatap anaknya dengan kasih sayang.
|
kata itu sebagai angin lalu yang tidak pernah kembali.
|
B. mau
memalingkan pemandangan bagiku.
|
C. mau melihat
seseorang dengan jelas
|
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi bagian yang
|
D. hendak
mengawasi gerakan temannya
|
rumpang tersebut adalah ...
|
E. hendak
melompat keluar dari kedua matanya
|
A. muka tembok
tak ada
|
B. tangan
menengadah ke atas
|
UN-SMK-07-40
|
C. mata tak
berkedip
|
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
|
D. hati kecut
|
(1) Pemandangan di Pantai Putri membuat siapa
|
E. telinga tak
memerah
|
saja merasa tenteram. (2) Tampak pasir putih, ombak
|
yang tenang, serta laut yang biru. (3) Tak heran
banyak
|
orang yang bergerak berjalan-jalan ke tengah pantai.
|
(4) Demikian juga sejumlah pemuda bersenda gurau
|
berenang di pantai itu. (5) Tiba-tiba ada yang
berteriak
|
Hiu! (6) Sejumlah pemuda itu tadi lari ke sana ke
mari.
|
Kalimat yang sumbang terdapat pada kalimat nomor ...
|
A. (1)
|
B. (2)
|
C. (3)
|
D. (4)
|
E. (5)
|
UN-SMK-07-41
|
UN-SMK-07-44
|
Kalimat permintaan saran yang tep at dalam kata
|
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
|
Larasati adalah siswa ... di sekolah kami. Selain
|
pengantar karya tulis adalah …
|
aktif pada kegiatan OSIS di sekolah, dia juga aktif
pada
|
A. Penulis
mengucapkan terima kasih kepada semua
|
kegiatan ... mengikuti jejak orang tuanya. Setelah
lulus
|
pihak.
|
SM A, Larasati akan melanjutkan kuliah di Universitas
|
B. Fuji syukur
kami panjatkan kehadirat Allah SWT.
|
Indonesia mengambil jurusan ... sesuai dengan sifatnya
|
C. Terima kasih
atas segala bantuan dari Bapak/Ibu.
|
suka membantu memecahkan masalah teman-
|
D. Semua kritik
dan saran Saudara kami tampung.
|
temannya.
|
E. Penulis
mohon kritik yang membangun untuk
|
perb aikan karya tulis ini.
|
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf
|
tersebut adalah ...
|
UN-SMK-07-45
|
A. tauladan,
sosial, psikologi
|
Anton : Dik, nanti sore jadi, bukan?
|
B. teladan,
sosialisasi, psycologi
|
Didik : Jadi
apa?
|
C. teladan,
sosial, psikologi
|
Anton : …
|
D. tauladan, so
sialisasi, psikhologi
|
Didik : Ah, ya! Aku hampir lupa. Untung kau
|
E. teladan,
sosial, psikhologi
|
ingatkan. Antara sekolah kita dengan SMA
|
"Bunga Indah," kan!
|
UN-SMK-07-42
|
Anton : Betul. Kalau tidak menontonnya, rugi kita. Ha
|
Tema karya tulis: Kirab Budaya sebagai Terapi Mental
|
... ha ... ha ...
|
untuk Memulihkan Kepercayaan
|
Didik : Ya, karena primadona kita akan turun nanti.
|
Masyarakat Yogyakarta
|
OK, sampai nanti sore.
|
Latar belakang yang tepat untuk tema tersebut adalah
|
...
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut
|
A. Kirab budaya
adalah pawai dengan memberi
|
adalah ...
|
persembahan ke Gunung Merapi dan laut selatan
|
A. Mengerjakan
PR Matematika di rumah Nyoman.
|
agar terhindar dari bencana yang lebih besar dan
|
B. Menyaksikan
pertandingan bola voli di TVRI.
|
lebih mengerikan.
|
C. Kita
menjenguk Handi di RSUP bersama Rita,
|
B. Kirab budaya
merupakan acara yang dipercaya
|
anak SMA "Bunga Indah."
|
masyarakat dapat membebaskan mereka dari
|
D. Kita
mendengarkan bersama siaran "Kreasi
|
bencana gunung berapi dan gempa bumi serta
|
Remaja" di RRI.
|
tsunami di Indonesia,
|
E. Menonton
pertandingan bola basket.
|
C. Masyarakat
Yogyakarta ingin memulihkan
|
kepercayaan pemerintah kepada mereka dengan
|
UN-SMK-07-46
|
mengadakan kirab budaya sehingga wisatawan
|
Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!
|
akan datang kembali.
|
Teman-teman seperti yang telah saya uraikan
|
D. Aktivitas
gunung merapi dan terjadinya gempa
|
sebelumnya bahwa kenakalan remaja dapat diatasi
|
bumi akhir-akhir ini telah mengganggu masyarakat
|
dengan salah satu cara yaitu menyalurkan kelebihan
|
Yogyakarta sehingga pemerintah perlu
|
energi yang dimiliki remaja pada kegiatan yang positif
|
mengadakan kirab budaya untuk memohon
|
dan dinamis ...
|
keselamatan.
|
E. Pemerintah
memandang perlunya mengadakan
|
Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi teks
|
kirab budaya di Indonesia untuk memulihkan
|
pidato tersebut adalah ...
|
mental masyarakat yang terkena bencana alam di
|
A. Oleh karena
itu, marilah kita bekerja sama mencari
|
Indonesia.
|
jalan keluar untuk kegiatan remaja yang positif dan
|
dinamis agar dapat mengurangi dampak negatif
|
UN-SMK-07-43
|
kenakalan remaja.
|
Judul karya tulis:
menggali potensi diri untuk
|
B. Oleh sebab
itu, diharapkan pandangan positif dari
|
meningkatkan kepercayaan diri
|
orang dewasa terhadap remaja-remaja seperti kita
|
Penulisan Judul makalah yang tepat adalah ...
|
ini.
|
A. Menggali
Potensi Diri Untuk Meningkatkan
|
C. Oleh karena
itu, marilah kita tuntut pihak sekolah
|
Kepercayaan Diri
|
agar membuka kegiatan ekstrakurikuler sebanyak-
|
B. Menggali
potensi diri untuk meningkatkan
|
banyak demi penyaluran hobi kita.
|
kepercayaan diri
|
D. Oleh sebab
itu, remaja dan kenakalannya tidak
|
C. Menggali
Potensi Diri untuk Meningkatkan
|
dapat dipisahkan dalam kehidupan modern ini.
|
kepercayaan diri
|
E. Oleh karena
itu, marilah bersama-sama kita rajin
|
D. Menggali
Potensi Diri untuk Meningkatkan
|
membantu orang tua agar mereka sayang dan tidak
|
Kepercayaan Diri
|
menuding remaja yang nakal.
|
E. Menggali
Potensi diri Untuk Meningkatkan
|
Kepercayaan diri
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar