|
Ujian Nasional
|
Tahun 2007
|
Matematika
|
UN-SMK-TEK-07-01
|
UN-SMK-TEK-07-06
|
()
|
-
|
4
|
3
|
x
|
y
|
1
|
Matriks A =
|
dan matriks
|
Bentuk sederhana dari
|
adalah ...
|
r
|
×
|
r
|
:
|
r
|
4
|
6
|
2
|
8
|
6
|
A.
|
r
|
–4
|
4
|
12
|
B.
|
r
|
–2
|
B = . Jika A=
B, maka nilai
|
x
|
= ...
|
C.
|
r
|
x
|
+ 6
|
y
|
D.
|
r
|
3
|
A. 3
|
E.
|
r
|
6
|
B. 4
|
C. 5
|
UN-SMK-TEK-07-02
|
D. 6
|
E. 9
|
3 1
|
2
|
x
|
-
|
1
|
Nilai
|
x
|
yang memenuhi persamaan
|
3 =
|
3
|
27
|
adalah ...
|
UN-SMK-TEK-07-07
|
A. –6
|
Dealer kendaraan menyediakan dua jenis kendaraan
|
B. –5
|
1
|
motor X dan motor Y. Tempat yang tersedia hanya
|
2
|
memuat tidak lebih dari 25 kendaraan. Harga sebuah
|
C. –4
|
motor X Rp 14.000.000,00 d an motor Y Rp
|
D. 4
|
12.000.000,00, sedangkan dealer mempunyai modal
|
E. 6
|
tidak lebih dari Rp 332.000.000,00. Jika banyak motor
|
X adalah
|
x
|
buah dan motor Y adalah
|
y
|
buah, model
|
UN-SMK-TEK-07-03
|
matematika yang sesuai dengan permasalahan diatas
|
Jika
|
log 3 =
|
p
|
maka
|
log 81 =
|
5
|
15
|
adalah ...
|
3
|
p
|
A.
|
A.
|
x
|
+
|
y
|
= 25, 7
|
x
|
+ 6
|
y
|
= 166,
|
x
|
= 0,
|
y
|
= 0
|
4
|
B.
|
x
|
+
|
y
|
= 25, 6
|
x
|
+ 7
|
y
|
= 166,
|
x
|
= 0,
|
y
|
= 0
|
4
|
p
|
C.
|
x
|
+
|
y
|
= 25, 7
|
x
|
+ 6
|
y
|
= 166,
|
x
|
= 0,
|
y
|
= 0
|
B. 1
|
+
|
p
|
D.
|
x
|
+
|
y
|
= 25, 7
|
x
|
+ 6
|
y
|
= 166,
|
x
|
= 0,
|
y
|
= 0
|
+
|
E.
|
x
|
+
|
y
|
= 25, 6
|
x
|
+ 5
|
y
|
= 166,
|
x
|
= 0,
|
y
|
= 0
|
p
|
3
|
C.
|
4
|
p
|
UN-SMK-TEK-07-08
|
D.
|
1 + 4
|
p
|
r
|
r
|
r
|
r
|
r
|
r
|
r
|
r
+
|
Jika vektor
|
dan
|
,
|
=
4
|
-
|
=
|
+
|
a
k
|
3
|
i
|
j
|
b
|
2
+
|
i
|
3
|
j
|
6
|
k
|
E. 4(1 +
|
p
|
)
|
r
|
r dan
|
maka besar sudut yang dibentuk vektor
|
a
|
b
|
UN-SMK-TEK-07-04
|
adalah …
|
Perhatikan gambar berikut!
|
A. 0°
|
Persamaan grafik fungsi
|
B. 30°
|
kuadrat yang sesuai dengan
|
C. 45°
|
gambar di samping adalah ...
|
D. 90°
|
A.
|
y
|
=
|
x
|
– 6
|
x
|
– 7
|
2
|
E. 180°
|
B.
|
y
|
=
|
x
|
+ 6
|
x
|
+ 7
|
2
|
C.
|
y
|
= 7 – 6
|
x
|
–
|
x
|
2
|
UN-SMK-TEK-07-09
|
D.
|
y
|
= 7 + 6
|
x
|
–
|
x
|
2
|
Diketahui luas suatu lingkaran adalah 314 cm
|
. Jika p
|
2
|
E.
|
y
|
= 6 – 7
|
x
|
–
|
x
|
2
|
= 3,14, maka keliling lingkaran tersebut adalah ...
|
A. 3,14 cm
|
UN-SMK-TEK-07-05
|
B. 31,4 cm
|
Jika
|
x
|
dan
|
y
|
penyelesaian dari sistem persamaan linear
|
C. 62,8 cm
|
5
|
x
|
-
|
2
|
y
|
=
|
11
|
D. 628 cm
|
maka nilai dari
|
x
|
– 2
|
y
|
= ...
|
+
|
=
|
3
|
x
|
2
|
y
|
13
|
E. 942 cm
|
A. –2
|
B. –1
|
C. 0
|
D. 1
|
E. 2
|
|
UN-SMK-TEK-07-10
|
UN-SMK-TEK-07-15
|
Sebidang lahan pertanian yang berbentuk persegi
|
Koordinat kutub suatu titik (4, 45°).
|
panjang memiliki panjang 325 meter dan lebar 135
|
Koordinat Cartesius titik tersebut adalah ...
|
meter. Luas lahan pertanian tersebut adalah ...
|
A. (2, 2v2)
|
A. 43.675 m
|
B. (4. 2v2)
|
2
|
B. 43.785 m
|
2
|
C. (
|
, 2v2)
|
1
|
C. 43:875 m
|
2
|
2
|
D. (2, 2)
|
D. 44.375 m
|
2
|
E. (2v2, 2v2)
|
E. 44.875 m
|
2
|
UN-SMK-TEK-07-16
|
UN-SMK-TEK-07-11
|
Nilai sin (45°+ 30°) = ...
|
Panjang garis pelukis kerucut yang jari-jari alasnya 7
|
cm dan luas selimutnya 154 cm
|
adalah ...
|
2
|
A.
|
1
|
(v2 + v6)
|
A. 2 cm
|
4
|
B.
|
(v3 + v6)
|
1
|
B. 5 cm
|
4
|
C. 7 cm
|
C.
|
(v2 + v6)
|
1
|
D. 11 cm
|
2
|
E. 14 cm
|
D.
|
1
|
(v6 - v2)
|
2
|
UN-SMK-TEK-07-12
|
E.
|
(v6 + v3)
|
1
|
2
|
Pondasi sebuah bangunan
|
berbentuk prisma tegak
|
UN-SMK-TEK-07-17
|
yang mempunyai ukuran
|
Nilai simpangan baku dari data: 8, 6, 5, 7, 9 adalah
...
|
seperti pada gambar di
|
A.
|
v10
|
1
|
samping ini.
|
5
|
B. 1
|
C. v2
|
Jika tinggi pondasi 30 cm, maka volume pondasi
|
D. 2
|
bangunan itu adalah ...
|
E. v10
|
A. 3,6
cm
|
3
|
B. 36 cm
|
3
|
UN-SMK-TEK-07-18
|
C. 360 cm
|
3
|
Nilai Frekuensi
|
Nilai matematika
|
D. 3.600 cm
|
3
|
siswa kelas II pada
|
51 – 60 5
|
E. 36.000 cm
|
3
|
sebuah SMK adalah
|
61 – 70 12
|
seperti tabel di
|
71 – 80 15
|
UN-SMK-TEK-07-13
|
samping ini.
|
81 – 90 9
|
Kontrapo sisi dari implikasi "Jika sumber daya
man usia
|
91 – 100 3
|
baik, maka hasil karyanya baik" adalah ...
|
Kuartil pertama (Q
|
) dari nilai pada tabel di atas adalah
|
A. Sumber daya
manusia baik dan hasil karyanya
|
1
|
...
|
baik.
|
A. 62,5
|
B. Jika hasil
karya manusia baik, maka sumber
|
B. 63,5
|
dayanya tidak baik.
|
C. 643
|
C. Hasil karya
manusia tidak baik dan sumber daya
|
D. 65,5
|
manusia tidak baik.
|
E. 66,5
|
D. Jika hasil
karya manusia tidak baik, maka sumber
|
dayanya tidak baik.
|
UN-SMK-TEK-07-19
|
E. Sumber daya
manusia baik dan hasil karyanya
|
Terdapat buah mangga, jeruk, apel, dan salak masing-
|
baik.
|
masing satu buah yang akan disusun berjajar. Banyak
|
susunan yang dapat dibentuk dari buah-buahan tersebut
|
UN-SMK-TEK-07-14
|
adalah ...
|
Dari dua premis berikut ini:
|
A. 5
|
"Jika lampu mati, maka dia tidak belajar."
|
B. 6
|
"Dia belajar."
|
C. 10
|
Kesimpulannya adalah ...
|
D. 12
|
A. Ia belajar
dan lampu tidak mati.
|
E. 24
|
B. Lampu tidak
mati.
|
C. Lampu mati.
|
D. Ia tid ak
belajar.
|
E. Ia akan
belajar.
|
|
UN-SMK-TEK-07-20
|
UN-SMK-TEK-07-25
|
Dalam sebuah kotak terdapat 4 kelereng warna merah
|
Suatu balok yang mempunyai perbandingan panjang :
|
dan 8 kelereng warna kuning. Bila dilakukan
|
lebar : tinggi = 4 : 2 : 1. Jika volumenya 512 cm
|
, maka
|
3
|
pengambilan 5 kelereng sekaligus, maka peluang
|
tinggi balok adalah ...
|
terambil 2 merah dan 3 kuning adalah ...
|
A. 4 cm
|
B. 7 cm
|
A.
|
28
|
C. 8 cm
|
33
|
D. 16 cm
|
B.
|
20
|
33
|
E. 32 cm
|
C.
|
1 8
|
3 3
|
UN-SMK-TEK-07-26
|
D.
|
1 6
|
Himpunan penyelesaian pertidaksamaan: 2 < 3
|
x
|
– l < 8,
|
3 3
|
x
|
R adalah ...
|
E.
|
1 4
|
A. {
|
x
|
| –1 <
|
x
|
< 1,
|
x
|
R}
|
3 3
|
B. {
|
x
|
| –1 <
|
x
|
< 3,
|
x
|
R}
|
UN-SMK-TEK-07-21
|
C. {
|
x
|
| –3 <
|
x
|
< 1,
|
x
|
R}
|
Perhatikan gambar!
|
D. {
|
x
|
| 1 <
|
x
|
< 3,
|
x
|
R}
|
y
|
E. {
|
x
|
| 2 <
|
x
|
< 3,
|
x
|
R}
|
8
|
UN-SMK-TEK-07-27
|
5
|
Persamaan garis lurus melalui titik A (–l, 2) dan
tegak
|
lurus garis 2
|
x
|
– 3
|
y
|
= 5 adalah ...
|
A. 3
|
x
|
+ 2
|
y
|
– 7 = 0
|
B. 3
|
x
|
+ 2
|
y
|
– 1 = 0
|
0 8 10
|
x
|
C. –3
|
x
|
+ 2
|
y
|
– 7 = 0
|
Nilai maksimum
|
f
|
(
|
x
|
,
|
y
|
) = 3
|
x
|
+ 4
|
y
|
pad a daerah yang
|
D. –3
|
x
|
+ 2
|
y
|
– 4 = 0
|
diarsir adalah ...
|
E. –3
|
x
|
+ 2
|
y
|
– 1 =0
|
A. 20
|
B. 24
|
UN-SMK-TEK-07-28
|
C. 26
|
4
|
3
|
D. 30
|
Invers matriks A =
adalah A
|
= ...
|
–1
|
1
|
2
|
E. 32
|
2
|
3
|
1
|
A.
|
-
2
|
UN-SMK-TEK-07-22
|
5
|
-
|
1
|
Harga 10 pensil dan 4 penggaris adalah Rp 31.000,00,
|
2
|
3
|
1
|
sedangkan harga 4 pensil dan 10 penggaris adalah Rp
|
B.
|
25.000,00. Harga 1 buah penggaris adalah ...
|
5
|
- 4
|
1
|
-
|
A. Rp 1.500,00
|
2
|
-
|
3
|
1
|
B. Rp 2.000,00
|
C.
|
5
|
-
|
1
|
4
|
C. Rp 2.500,00
|
D. Rp 3.000,00
|
2
|
4
|
1
|
D.
|
E. Rp 3.500,00
|
5
|
-
1
|
3
|
1
|
3
|
1
|
UN-SMK-TEK-07-23
|
E.
|
Perhatikan tabel berikut ini!
|
5
|
4
|
2
|
Nilai Frekuensi
|
Nilai mean dari data pada
|
10 – 14 4
|
tabel di samping adalah ...
|
UN-SMK-TEK-07-29
|
A. 21,44
|
15 – 19 8
|
Penampang kuda-kuda atap sebuah rumah seperti
|
B. 21,88
|
20 – 24 15
|
tampak pada gambar berikut.
|
C. 22,44
|
25 – 29 6
|
D. 22,88
|
30 – 34 4
|
E. 23,88
|
35 – 39 3
|
UN-SMK-TEK-07-24
|
Negasi dari pernyataan "Jika
|
x
|
= 25, maka
|
x
|
= 5"
|
2
|
adalah ...
|
Panjang BC adalah ...
|
A. jika
|
x
|
25,, maka
|
x
|
5.
|
2
|
A. v2 m
|
B. jika
|
x
|
25, maka
|
x
|
= 5.
|
2
|
B. 2v2 m
|
C. jika
|
x
|
= 25, maka
|
x
|
= 5.
|
2
|
C. 3
|
v2 m
|
1
|
D.
|
x
|
= 25 dan
|
x
|
5.
|
2
|
2
|
D. 3v2 m
|
E.
|
x
|
25 dan
|
x
|
= 5.
|
2
|
E. 4v2 m
|
UN-SMK-TEK-07-30
|
Sebuah dadu dilambungkan sekali. Peluang munculnya
|
bukan
|
mata dadu 5 adalah ...
|
A.
|
1
|
6
|
B.
|
2
|
6
|
C.
|
3
|
6
|
D.
|
4
|
6
|
E.
|
5
|
6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar